Sabtu, 22 Januari 2011

pesta jubileum 50 tahun hki sigumpar

PESTA  JUBILEUM 50 TAHUN HKI SIGUMPAR
SEBAB BAGI ALLAH TIDAK ADA YANG MUSTAHIL (Lukas 1:37)
I.          Habis Gelap, Terang pasti datang
Dengan kemurahan Tuhan Yesus Kristus, Gereja HKI Sigumpar telah berumur 50 tahun.  Lima puluh tahun yang lalu tepatnya tanggal 05-01-1961, gereja ini memulai langkah pelayanannya di daerah Humbang secara khusus di desa Sigumpar- Lintongnihuta. Perjalanan Gereja yang boleh dikatakan sudah cukup tua ini tentunya mengalami berbagai kisah suka dan duka.
Diawali dengan kisah yang  memprihatinkan yaitu dari kesulitan mendirikan gereja  karena himpitan ekonomi dan SDM yang sangat minim, kemudian di perparah lagi dengan ketidak inginan warga sekitar  adanya gereja HKI berdri. Ditambah lagi para pendiri  juga dinilai sebagai orang-orang yang tidak mengerti  apa dan bagaimana itu gereja ; karena sebelumnya para ‘pejuang pendiri HKI ‘ itu sebahagian besar adalah orang yang malas ke gereja bahkan para pemain judi. Namun dibalik semua itu banyak pula sukacita yang dirasakan   jemaat yang diyakini sebagai anugerah dan penyertaan Tuhan. Misalnya dengan semakin majunya perekonomian jemaat secara umum; bahkan dari antara jemaat  telah banyak yang berhasil dengan perkerjaan nya. Dari gereja yang kecil ini, yang tadinya kurang diperhitungkan dilingkungannya bahkan pernah dikucilkan dari serikat karena dianggap sebagai persekutuan orang-orang penjudi. Hiduplah iman percaya pada Tuhan Allah dan keyakinan bahwa mereka akan tetap dalam perlindungan dan pertolongan Tuhan. Jemaat tidaklah diam begitu saja dengan hinaan dan cercaan, akan tetapi malah bangun dan berdiri teguh bahkan semakin termotivasi untuk menunjukkan jati dirinya sebagai gereja Tuhan yang nyata dalam HKI. Dari gereja yang dahulunya hanya beranggotakan  9 (Sembilan) kepala keluarga ini telah diberkati bayak hal: Telah ada dua orang yang telah pernah duduk sebagai DPRD, , ada beberapa PNS, pengusaha kopi, pemborong, dan banyak keberhasilan yang membanggakan HKI.
Berkat-berkat inilah yang dibanggakan dan disyukuri semua jemaat, sehingga merasa  harus menunjukkan rasa syukurnya pada Tuhan dan kepada khalayak ramai atas kebesaran dan rahmat Tuhan yang diterimanya. Lewat musyawarah disepakatilah untuk membuat Jubileum 50 tahun HKI Sigumpar pada tanggal 09 Januari 2011.
II.             Jalannya Pesta Jubileum.
2.1.Jalannya  Prosesi.
Memang Tuhan begitu jelas menunjukkan kasihNya kepada gereja HKi Sigumpar. Pelaksanaan Pesta berjalan dengan baik.
1.      Lima puluh tahun yang lalu Gereja ini mengadakan  kebaktian perdana  diawali di desa Pea-Hotang; yang pada saat itu desa ini didiami orang-orang yang malas ke Gereja. Langkah Jubileum tanggal 09 Januari 2011 pun dimulai dari Rumah Almarhum St Mangantar Lumbantoruan; seorang pendiri yang juga sebagai Guru Jemaat pertama HKi Sigumpar tersebut.  Dipimpin Langsung oleh Pucuk Pimpinan HKI Dr Langsung Sitorus, dilaksanakanlah Ramah Tamah kepada pomparan (keturunan) Almarhum yang memang sengaja datang dari perantauan untuk menghadiri Jubileum HKi Sigumpar ini. Acara diakhiri dengan bernyanyi dari BE 119 ( lagu bersejarah ) dan berdoa bersama.  Nyanyian tersebut sangat berkesan bagi jemaat Sigumpar, sebab pujian tersebutlah yang  mereka nyanyikan ketika memulai Ibadah 50 tahun yang lalu.
2.      Kemudian Kegiatan dilanjutkan dengan Prosesi dari Rumah St bangun Hutasoit (Anggota Majelis Pusat periode 2010-2014). Prosesi ini diikuti Pimpinan Pusat (Eporus dan Sekjen), Majelis Pusat, Praeses dan beberapa pendeta,  Pimpinan Daerah Kabupaten Humbahas  yang dihadiri  Bpk Wakil Bupati Marganti Simanullang dan beberapa Kepala Dinas serta KaBag Umum Drs Lamhot Hutasoit.
3.      Menambah sukacita saat itu hadir DPRD Humbahas  yakni St Henri Sihombing, yang juga merupakan parhalado HKI Pargaulan-Resort Lintongnihuta.
2.2 . Kebaktian.
Kebaktian Syukuran 50 tahun HKI sigumpar dimulai jam 10.00 WIB, berlangsung dengan hikmat,  dan dihadiri sekitar  600 orang .Parhalado yang melayani saat itu :
·         Agenda dibawakan oleh  Sekjen Pdt Manjalo Pahala Hutabarat S.Th
·         Doa Syafaat oleh Praeses Pdt.Lamsihar Oberlin Siregar
·         Khotbah oleh Ephorus Pdt Dr Langsung Sitorus.
2.3  Acara Pesta Jubileum.
Setelah selesai Kebaktian, acara dilanjutkan, dengan  Laporan panitia yang menyampaikan bahwa Jubileum ini dilakukan hanya mengandalkan kuasa Tuhan,  dana aawalnya adalah dari gugu toktok ripe jemaat, kas jemaaat PPG serta donateur karena dalam perayaannnya pun dilaksanakan tanpa ada acara lelang. Sehingga  Kemudian  Pembacaan Sejarah Singkat HKI Sigumpar (terlampir).
Dalam kata-kata sambutan terjadilah Seperti kata pepatah : Pucuk dicinta ulam pun tiba,  ketika sambutan dari tamu yang diwakili pomparan St mangantar Sihombing (Alm.) memberikan sambutannya, mereka kelihatan begitu senang dengan adanya jubileum HKi Sigumpar. Yang mana orang tua mereka begitu berperan dalam pendiriannya, keluargga ini memberikan sumbangan dalam bentuk uang Rn 2 juta ke panitia. Demikian juga dengan sambutan dari Pemerintah humbang Hasundutan yang disampaikan Bpk Wakil Bupati Marganti Simanullang dengan kelugasannya membuat suasana semakin sukacita  dan di ahir sambutannya memberikan sumbangan Rp 10 juta untuk panitia. Tak kalah menariknya Pimpinan Pusat dalam sambutannya mengingatkan bahwa tahun 2011 sebagai tahun pengembangan, mengingatkan supaya semua jemaat berperan serta mendukung program tersebut. Kemudian di ahir sambutannya bpk Ephorus juga lewat Kantor pusat memberikan sumbangan Rp 5 juta untuk Panitia.
Kemudian acara dilanjutkan dengan Makan beersama. Ketika makan bersama parjambaran pun dibagikan : Ulu ke Pimpinan Pusat,  Ronsangan ke Wakil Bupati Humbahsan dan rombongannya, Bonian Tondi ke DPRD dan hasahatan kepada setiap undangan yang hadir pada saat itu. Sebagaimana program 100 yang sering dikumandangkan bpk Eporus Pdt Dr Langsung, maka sehubungan dengan itu Jambar Ulu itu dibagi menjadi 100 bahagian dan dibagikan kepada pimpinan-pimnan jemaat dan jemaat  pada saat itu.
Selesai makan siang diadakan tortor hasuhuton dan dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun kemudian dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dan plakat kepada PP-HKI, Pimpinan Daerah Pemkab Humbahas dan Rombiongannya, DPRD, selanjutnya kepada pendeta yang pernah melayani di jemaat Sigumpar, tamu dan anak rantau.  Setelah menerima Cindera mata tujuh orang  kepala Dinas dan satu orang DPRD juga menyumbang kep panitia Rp 4 juta diikuti juga dari anak perantau kel St Pakpahan/Pdt N Hutasoit Rp 1 juta.
Acara diselangselingi panortoron dan pemberian cindera mata,  berlangsung dengan diselangselingi pencabutan nomor undian berhadiah (Lukcydrow) yang dipersiapkan panitia juga menambah sukacita hadirin saat itu.
Demikianlah acara Pesta Jubileum HKi Sigumpar Resort Lintongnihuta Daerah IX Humbang, yang berlangsung dengan sukacita. Amin.
freslysimamora@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar